Hati-hati, Earphone Sebabkan Tuli

Solusi Sehat / 27 October 2009

Kalangan Sendiri

Hati-hati, Earphone Sebabkan Tuli

Tammy Official Writer
5010
\"Earphone\"Mobilitas alat-alat untuk mendengar musik seperti MP3 Player atau iPod benar-benar membuat kebiasaan banyak orang menjadi berubah. Dimana saja, ketika sedang menunggu bis, berada di perjalanan, mengantri, kita dapat melihat telinga orang-orang terpasang dengan earphone. Hal ini memang mengasyikkan, daripada bosan lebih baik pasang musik.

Tetapi berhati-hatilah pada volume suara yang keras lewat earphone. Sebab, terlalu sering terpapar musik keras bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Menurut ahli audio dari Cape Town Medi-Clinic, Lisa Nathan, akumulasi dari suara bising atau keras akan berkembang secara perlahan dan nyaris tanpa gejala. "Butuh waktu beberapa tahun sebelum gangguan muncul atau orang tersebut mengalami masalah pendengaran," katanya.

Misalkan seorang remaja berusia 15 tahun yang sering mendengarkan MP3 atau iPod dalam volume suara yang keras setiap hari, mungkin baru mengalami gangguan pendengaran saat usianya menjelang 30-an. Kerusakan akan lebih buruk lagi jika orang tersebut sering ke klub atau memainkan band.

Untuk mencegah dampak negatif dari earphone, Nathan menyarankan penggunaan jenis earphone yang bisa mengurangi suara di latar belakang sehingga kita bisa mendengar suara musik dengan nyaman tanpa terganggu masuknya suara di sekitar. Dengan begitu, kita tak perlu menyeteel musik dalam volume keras.


Sumber : kompas.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami